Minggu, 20 November 2011

bikin kartu nama sendiri


Bikin Kartu Nama, cetak sendiri aja…..

September 29, 2009 |  Tagged  |



Banyak di antara kita apapun profesinya  yang sering menggunakan kartu nama untuk berbagai keperluan. Sering kali di dalam membuat kartu nama, kita cukup menyerahkan pembuatannya kepada para penyedia jasa sablon baik digital maupun manual. Padahal dengan sedikit waktu dan tanpa memerlukan keahlian tertentu kita sudah dapat membuatnya sendiri dengan tanpa banyak biaya. Desainnya pun bebas kita tentukan sendiri sesuai dengan tema profesi kita tanpa harus terikat dengan contoh atau sampel yang disediakan oleh penyedia jasa pembuatan kartu nama.
Kali ini saya akan mencoba memberikan tips dan tutorial sederhana dalam pembuatan kartu nama dari mulai proses desain sampai dengan cetak menggunakan printer rumahan menggunakan program aplikasi CorelDraw. Bisa juga sih memakai aplikasi grafis berbasis vektor lain, misalnya adobe illustrator, macromedia Freehand, Inkscape atau Microsoft office…. kali
1. Buka Aplikasi Corel Draw, buat halaman dengan ukuran A4 karena kita akan mencetaknya ke media kertas ukuran A4.
2. Buat gambar kotak berukuran 85 mm X 55 mm dengan toolbox di samping kiri halaman.
1
3. Silahkan desain kartu nama sesuai keinginan, sesuaikan dengan profesi anda atau tema yang anda inginkan. Warna-warna lembut dan kalem tanpa banyak ornament mungkin akan kelihatan lebih profesional dan serius, kecuali anda adalah seorang abg untuk gaul-gaulan.
4. Setelah pembuatan desain selesai selanjutnya kita gandakan dengan menu transformation, namun ada baiknya kita jadikan simbol dulu desain kartu nama kita untuk memudahkan kita dalam pengoreksian kesalahan serta memperkecil ukuran file yang kita buat nantinya dengan cara menyeleksi seluruh gambar kemudian klik kanan dan klik new symbol – ok.
3
5. Setelah kita jadikan symbol kemudian kita gandakan dengan menu transformation - position sehingga dalam satu halaman kita akan memiliki 10 buah kartu nama untuk kita cetak sebanyak sepuluh kali bila kita akan membuat seratus buah kartu nama.
4
6. Selanjutnya kita telah siap untuk mencetak hasil desain kita dengan menggunakan printer inkjet standar dengan media kertas inkjet 190  – 250 gram, kemudian lembaran kartu nama dipotong-potong menjadi sepuluh bagian menggunakan cutter, gunting atau kalo mau lebih oke dan cepet bisa menggunakan pemotong pvc paper biar bentuknya seperti model atm.
7. Jangan lupa mengatur preferences printer terutama untuk ukuran dan jenis kertas yang digunakan untuk memperoleh hasil yang memuaskan.
8. Kalau kita memesannya, harga satu set kartu nama full color berkisar antara 20-40 rb per box isi seratus lembar, kalau membuat sendiri dengan asumsi biaya kertas inkjet dan tinta infus perlembar 500 rupiah plus harga kotaknya 1000 rupiah berarti kita hanya menghabiskan biaya 6000 rupiah perbox… hemat khan, bahkan bisa dikomersilkan tuch…
9. Untuk file contoh dapat diunduh di sini, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar